Tip Menjadi Percaya Diri (PD)

percaya-diriMungkin teman-teman (Anda) semua pernah mengalami kondisi nervous, deg-deg an, keringet dingin, tiba-tiba mules, saat teman-teman bicara di depan public atau orang banyak.

Jika teman-teman pernah ngalamin hal itu, saya ucapin SELAMAT. Karena itu berarti Anda normal sebagai manusia.

Dan jika Anda pernah mengalami kondisi tersebut, hal yang paling diinginkan berikutnya adalah, saya harus PD, confident, tenang, dan antusias.. Langsung saja kita akan bahas tentang PD.

Kalau Anda ingin tau pengertian PD, langsung tanya saja sama mbah Google. Nah pas saya tanya ini yang pertama kali muncul :

Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

 

Menurut definisi bebas dari saya sendiri, PD adalah suatu kondisi (state) dimana kita merasa yakin dan percaya akan kemampuan kita dalam melakukan suatu pekerjaan atau suatu kegiatan atau aktifitas lain dalam kehidupan.

 

Trus gimana caranya biar PD? Pengalaman saya sendiri sebagai seorang trainer, untuk menjadi PD kata kuncinyanya adalah PREPARATION (Persiapan). Seberapapun sering kita melakukan aktifitas ataupun pekerkaan yang sama, tetap kita harus melakukan persiapan. Sama mentor-mentor saya, ketika akan melaksanakan training please prepare 1 jam sebelumnya. Paling lambat 30 menit….,

 

Tujuannya adalah kita bisa mereview kembali apa yang harus disampaikan dalam sesi training. Mengecek apakah ada tools atau media pembelajaran yang belum tersedia, bagaimana lay out tempat duduk, pencahayaan, sampai materi presentasi.

Begitu juga ketika teman-teman sebagai seorang pedidik yang melakukan aktifitas pembelajaran di dalam kelas. Hal yang juga harus dilakukan adalah preparation. Mempersiapakan semua hal yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Dan bagi saya itu membuat saya lebih PD.

Ini juga selaras dengan sebuah quotes 5P “Proper Preparation Prevents Poor Performance” yang artinya “Persiapan yang Tepat Mencegah Kinerja Buruk”

Seperti halnya keimanan, PD juga bisa naik dan turun (up & down).

Naik saat kita benar-benar siap secara mental dan kemampuan.

PD turun saat kita tidak tahu apa-apa, blank, di lingkungan yang baru, berbicara di depan orang yang beda dari biasanya, atau pressure yang tinggi.

 

Nah sekarang gimana caranya melatih PD ?

Caranya ada di artikel saya yang ini :

  1. https://roianjass.com/2012/01/20/menghancurkan-mental-block/
  2. https://roianjass.com/2012/01/21/mengakses-kinerja-puncak/
  3. https://roianjass.com/2012/01/21/lingkaran-kehebatan-circle-of-excellence/

Insya Alloh kalau teman-teman mempraktekkan langkah-langkah di 3 artikel saya tersebut, saya yakin bisa lebih PD mempunyai kinerja yang unggul.

Feel free kalau ada yang ingin ditanyakan untuk mempraktekkan ya….

Terima kasih

Salam Sukses dan Berkelimpahan

artikel tersebut di sampaikan pada kuliah online di WA Group  Sahabat Pendidik Depok.

Kamis, 11 Mei 2017.

Advertisements

Posted on 11 May 2017, in Artikel, Hikmah, Pendidikan, SDM. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Keren diskusinya.. Trimakasih pa roi atas ilmunya…

  2. Sama2 bu…sukses selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: