FAB – dari sekedar Fitur menuju ke Manfaat….

feature-or-benefit2Sahabat pembelajar yang luar biasa….

Kabar baik kan? Di manapun Anda sekarang dan kapanpun Anda bisa membaca tulisan ini, saya yakin Anda sekarang dalam kondisi yang sehat dan antusias…
Oya saya ingin bertanya dengan Anda, jika membeli suatu produk atau jasa, apa pertimbangan terbesar Anda memilih barang tersebut?
Apakah karena FITUR produknya atau karena MANFAAT dari produk itu bagi Anda? (Anda boleh berhenti sejenak dan mengingat kembali saat membeli produk)

Dan apapun yang menjadi alasan Anda dalam memilih produk, saya yakin sebagian besar dari Anda sepakat dengan saya bahwa alasan terkuat Anda dalam membeli produk adalah karena Anda mampu meLIHAT, menDENGAR dan meRASAKAN manfaat dari produk tersebut yang mampu menyelesaikan masalah yang Anda miliki.
Nah, jika Anda adalah seorang penjual, atau seorang marketer, maka ketika Anda menjualpun sebaiknya juga fokus pada manfaat apa yang bisa didapatkan oleh klien Anda.
Karena menjual manfaat itu lebih penting dari pada menjual spesifikasi produk, maka sekarang sebaiknya Anda mulai lebih serius membaca tulisan ini….

FAB – from Feature to Benefits….

Mungkin Anda ada yang masih penasaran dengan FAB…., FAB itu singkatan dari Features – Advantages – Benefits. Lebih jelasnya seperti ini….
• Feature – Karakteristik fisik atau atribut dari produk atau jasa.
• Advantage – Bagaimana fitur ini dapat membantu pelanggan.
• Benefit – Bagaimana fitur dan keunggulan yang sesuai bisa memecahkan masalah pelanggan atau secara spesifik memenuhi kebutuhan pelanggan.
Feature menggambarkan tentang spesifikasi produk, Advantage memberikan gambaran bagaimana pelanggan memahami produk, dan Benefit membuat pelanggan ingin membeli produk dari Anda.

Biar Anda gampang memahami FAB, perhatikan contoh berikut:
Jika Anda membeli sebuah gadget baru fitur apa yang harus ada di gadget tersebut?
• Ada yang mengatakan kamera, mungkin Anda pilih karena fitur Akses Internet, ada juga yang memilih karena kualitas prosesornya.
• Dari fitur tersebut kira-kira manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh pelanggan? Kamera-bisa memfoto, Internet – bisa terhubung dengan social media, e-mail, dan mendapatkan informasi, Prosesor yang cepat – bisa bekerja dengan cepat tanpa ngadat.
• Dari semua fitur dan keuntungan yang ditawarkan, kira-kira manfaat apa yang bisa Anda dapatkan sehingga pekerjaan atau aktifitas Anda bisa berjalan dengan baik. Atau kira-kira apakah masalah Anda bisa terselesaikan dengan fitur tersebut? Jadi Manfaat dari manfaat itulah yang sebenarnya yang menjadi concern di pembahasan Benefits.

Dengan fitur yang sama, bisa jadi setiap orang mendapatkan manfaat yang berbeda sesuai dengan karakteristik ataupun pekerjaan dari pelanggan Anda.
Dari informasi di atas, mulai sekarang cobalah Anda jika menjual suatu produk atau jasa, tawarkanlah manfaat dari produk Anda, bukan sekedar spesifikasi dan fitur, karena orang akan lebih “kena” jika dia mendapatkan manfaat yang lebih dari produk yang Anda tawarkan.

Selamat mengeksplorasi……

Advertisements

Posted on 27 October 2014, in Artikel, Selling and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: