NLP – Modeling | Menginstall Sumber Daya Kepemimpinan

3001088-poster-942-great-leadership-resources-girls

Dalam NLP, Anda memungkinkan untuk bisa memodel seseorang yang mempunyai Peak Performance (Kinerja Puncak), dengan berbagai latar belakang profesi. Berikut ini adalah langkah-langkah bagi Anda yang ingin memodel seorang leader yang Anda kagumi. Simak langkah-langkahnya berikut ini…..

Cara:

1. Duduklah dengan posisi yang nyaman. Carilah tempat yang tenang, sehingga Anda dapat berkonsentrasi cukup dalam.

 2. Pejamkan mata, dan nikmati saat Anda duduk dengan mulai merasakan keberadaan Anda di ruangan dan kursi yang Anda duduki.

 3. Sembari Anda merasakan itu semua, Anda dapat mulai membayangkan sedang duduk di sebuah bioskop dengan layar yang besar di hadapan Anda.

 4. Dan, mulailah untuk memutar film tentang seseorang yang Anda ingin model. Putarlah tepat pada adegan ia sedang melakukan suatu hal spesifik yang Anda ingin model.

 5. Perindah film tersebut dengan membuat gambarnya lebih riil, lebih hidup. Tambahkan warna, efek 3 dimensi, dll. Tambahkan suara-suara seperti musik dan kata-kata yang terdengar nyata bagi Anda. Jika adegan sudah mencapai akhir, putarlah lagi, dan tambahkan kembali hal-hal yang bisa membuat film tersebut lebih hidup. Buat film tersebut begitu nyata, sedemikian sehingga Anda dapat merasakan vibrasi yang begitu kuat dari bangku penonton.

 6. Sekarang, melayanglah ke dalam film tersebut. Saya tidak tahu persis bagaimana caranya, tapi masuklah ke dalam tokoh utama dalam film tersebut. Jadilah ia di dalam film tersebut. Anda melihat dengan mata kepala Anda sendiri, mendengar dengan telinga Anda sendiri, dan merasakan sedang melakukan hal tersebut dengan tubuh Anda sendiri. Selami dari awal sampai akhir…dan rasakan… …seeeepeeeenuuuuhnyaaaa…….

 7. Sekarang, keluarlah dari film, dan kembali lah ke bangku penonton. Bagaimana rasanya? Anda puas? Jika belum, Anda bisa mengeditnya sampai ia sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, ulangi kembali langkah 6, dan ketika Anda merasakan seeeepeeeenuuuuhnyaaaa… tingkatkan intensitas perasaan Anda. Pada saat ia sudah sampai puncak, tarik lah nafas yang dalam, dan pasang sebuah anchor (pemicu) pada tempat tertentu yang Anda inginkan. Anchor ini dapat Anda picu ketika Anda ingin memunculkan perilaku yang baru saja Anda model.

 8. Kembalilah ke bangku penonton, dan sekarang, buatlah sebuah film Anda sedang berada dalam suatu situasi di masa depan yang membutuhkan perilaku baru Anda ini. Lihatlah Anda melakukan perilaku tersebut, dengarkan apa yang akan Anda dengar, dan rasakan apa yang Anda rasakan demi melihat hal tersebut. Anda puas? Jika belum, berarti ada yang belum pas dari perilaku yang Anda model. Anda bisa mengulangi kembali langkah 4-7. Jika sudah, bukalah mata dan kembali lah ke tempat Anda duduk sekarang.

Advertisements

Posted on 24 April 2013, in Artikel, SDM and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. mantap Suhu (y) ,,jamin balik meneh ??
    ——-
    Dijamin balik kalo gak, sebut namaku 3x….. Hehheheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: