03. Lingkaran Kehebatan (Circle of Excellence)

Anda tentu masih ingat dengan presuposisi “setiap orang mempunyai sumber daya (resource) yang dia butuhkan untuk sukses”. Pengalaman hidup, kesuksesan, kegagalan, jatuh bangun Anda, hingga pengetahuan yang Anda miliki adalah sumber daya paling berharga untuk kesuksesan Anda sendiri.

Untuk beberapa saat saya akan ajak Anda untuk kembali pada momen-momen paling berharga bagi diri Anda. Temukan  2 atau 3 pengalaman paling membuat Anda bahagia, bersyukur, dan percaya diri, kapanpun dan di manapun.

Nah untuk lebih detilnya ikuti langkah-langkah di bawah ini, ingat jika mau paham, maka praktekkan !

Oya sebelum saya ajak Anda untuk mempraktekkan bagaimana menggunakan lingkaran kehebatan, saya akan ajak Anda untuk mempelajari bagaimana menjangkarkan emosi, atau nanti akan sering disebut sebagai ANCHOR.  Kondisi emosi dan perasaan dapat dijangkarkan dalam diri kita. Anchor dapat menggunakan salah satu atau kombinasi dari 5 indera yang kita miliki.

Contohnya begini, pernahkan Anda mendengar lagu kenangan, dan saat Anda mendengarkan lagu itu Anda ingat seseorang atau suatu tempat?.
Atau Anda mencium wangi parfum tertentu, dan saat itu juga Anda ingat dengan seseorang?
Atau mungkin  Anda merasakan sangat nyaman ketika merasakan usapan lembut atau pelukan hangat dari seorang ibu ?

Jika Anda pernah merasakan pengalaman di atas, saya ucapkan selamat, karena Anda sudah merasakan sendiri bagaimana dahsyatnya anchor.
Nah, Anda dapat secara sengaja menciptakan anchor buat Anda sendiri, sesuai dengan tujuan dan keinginan Anda.

Contoh penerapannya adalah, untuk menjangkarkan semangat ada yang mengepalkan tangan dan teriak, ‘Yesss!’, atau untuk percaya diri seseorang menepuk dada sebelah kiri, sambil komat-kamit ‘bisa, bisa, bisa…..’, atau ada juga yang sebelum mengajar bernyanyi ‘AKU BISA’ sambil loncat-loncat.

Itu semua adalah contoh anchor dan pemanfaatanya. Apakah anchor selalu positif? Ya untuk anchor yang memang sengaja dibuat. Untuk orang-orang yang phobia, itu sebenarnya juga adalah proses anchoring emosi negative dan ketakutan. Jadi ketakutan akan terpicu ketika melihat kecoa, kucing, ular atau balon.
Atau jika Anda termasuk yang takut kegelapan, berarti pemicu ketakutan itu adalah kondisi gelap tersebut.

Menggunakan beberapa teknik NLP dan hypnotherapy, ketakutan atau phobia dapat disembuhkan dengan efektif.

Sekarang, Anda saya ajak kembali untuk mempraktekkan lingkaran kehebatan yang sudah saya janjikan….., berikut langkah-langkahnya :

1. Temukan kondisi penuh sumber daya (resourceful)  yang sudah ada pikirkan sebelumnya.

2. Buatlah lingkaran imajiner di lantai dengan ukuran kira-kira bisa dimasuki 1-2 orang. Buat lingkaran itu berwarna sesuai dengan warna favorit Anda. Jika Anda mendengar suara, buatlah suara mendengung namun lembut saat lingkaran itu terlihat jelas oleh Anda. Pastikan Anda belum masuk ke dalam lingkaran tersebut.

3. Sekarang masukkan kondisi penuh sumber daya itu kedalam lingkaran tersebut, dan lihat diri Anda (atau bisa memodel orang lain) dalam kondisi yang penuh sumber daya, seperti bahagia, tenang, yakin, semangat dan percaya diri. Lihat apa yang Anda lihat, dengarkan apa yang Anda dengarkan dan rasakan perasaan Anda ketika melihat gambaran dalam lingkaran tersebut.

Bayangkan semua resource tadi bergabung dan membaur menjadi satu dengan warna, suara dan perasaan yang muncul saat itu.

4. Sekarang masuklah ke dalam lingkaran, dan rasakan perasaan yang berubah, saat Anda pertama kali masuk ke lingkaran itu.

Perkuat perasaan Anda dengan menarik nafas dalam dan kuatkan lagi hingga mencapai skor 9-10.

5. Saat Anda berada pada kondisi puncak Anda dapat membuat anchor seperti dengan teriak “Yes I Can!”, mengepalkan tangan, atau mengangkat dua tangan terkepal seperti lambang victory.

Anda dapat mengulangi beberapa kali secara mental untuk beberapa resource yang Anda inginkan (bahagia, tenang, percaya diri, yakin, dan semangat) satu persatu.

Terakhir keluarlah mundur dari lingkaran, dan biarkan perasaan-perasaan itu berada dalam lingkaran, dan break state…

————-

Anda dapat mengulangi proses melangkah masuk ke dalam lingkaran dan memacu anchor yang sudah Anda buat.

Nah di sini Anda dapat memanfaatkan kondisi pengalaman puncak (peak experience) untuk membayangkan sukses di masa depan (future pacing).

Contohnya:

Sambil Anda masuk ke dalam lingkaran, akses semua resource yang ada, picu anchornya, dan dalam imajinasi mental Anda, Anda sedang berada pada kondisi yang benar-benar Anda inginkan (sukses).

Kapanpun Anda menginginkannya, Anda cukup rileks, tarik nafas panjang dan pelan, akses anchornya, dan niatkan mendapatkan resource yang Anda inginkan.

Advertisements

Posted on 21 January 2012, in Artikel, Pendidikan, SDM and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Luar biasa!! dahsyat!! fantastic!! yes yes yes…semoga bisa mempraktekkannya pak…

  2. mudah2an bisa mempraktekannya dan bisa bantu orang lain
    terima kasih pak roi

  1. Pingback: Tip Menjadi Percaya Diri (PD) | CIS | Cinta ||Ikhlas||Syukur|

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: