Membangun Tim Efektif

Pertama kali untuk membangun sebuah tim yang solid, yang harus anda lakukan adalah dengan mengenali siapa diri Anda. Pahami, siapa Anda sebenarnya, kenali karakter Anda, bagaimana sikap Anda terhadap orang lain, dan bagaimana Anda melihat peluang yang ada.

Yang kedua, yakinkan pada diri Anda, bahwa Anda adalah bagian dari sebuah tim yang hebat. Kuatkan keyakinan bahwa Anda dapat diterima dengan baik oleh orang lain. Perasaan takut ditolak, takut bergaul, minder, adalah akar dari ketidakpercayaan diri Anda, sehingga Anda malas untuk bekerja sama dengan orang lain.

Yang ketiga, jalin komunikasi yang efektif dengan orang-orang sekeliling Anda, terutama tim Anda. Sering-sering bersilaturahmi dengan mereka, sharing, berbagi apa saja dengan tim Anda. Jangan biasakan Anda berkomunikasi ketika ada maunya saja, atau hanya kalau ada pekerjaan. Sering-sering berkunjung kerumah, atau buat acara mabit bersama.

Yang Keempat, gali apa keinginan, visi dari tim Anda. Rumuskan tujuan, visi, misi dan motto dari tim Anda. Rumusan visi, misi yang tim Anda buat,  haruslah benar-benar keluar dan merupakan aspirasi dari anggota tim. Bukan sebuah instruksi, paksaan dan pesanan dari orang-orang tertentu.

Kelima, budayakan dialog dengan tim Anda. Dengan dialog Anda akan mendapatkan banyak hal. Anda akan tahu permasalahan tim Anda dengan dialog.

Keenam, Jadilah manusia pembelajar. Manusia pembelajar adalah manusia yang dalam dirinya, tidak ada kata berhenti untuk belajar. Manusia pembelajar adalah dia yang dengan gigihnya selalu berusaha menggapai kesempurnaan, dengan terus memperbaiki diri.

Ketujuh, jadilah tim Anda sebagai Learning Team, atau Learning Organization. Organisasi pembelajar adalah organisasi yang memberikan kesempatan dan mendorong setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut untuk terus belajar dan memperluas kapasitas dirinya. Dia merupakan organisasi yang siap menghadapi perubahan dengan mengelola perubahan itu sendiri (managing change).

Advertisements

Posted on 14 March 2008, in Artikel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: